Pages

Tuesday, September 30, 2025

RPP / Modul Ajar

 

RPP / Modul Ajar

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)

Kelas / Semester : XII / Genap

Materi Pokok : Jenis-Jenis Izin Usaha Produksi serta Cara Pembuatan Izin Produksi

Alokasi Waktu : 2 × 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian izin usaha produksi.

  2. Mengidentifikasi berbagai jenis izin usaha produksi (NIB, IUI, PIRT/BPOM, Sertifikat Halal, Izin Lingkungan, HAKI).

  3. Menjelaskan prosedur/cara pembuatan izin usaha produksi.

  4. Menyusun contoh simulasi pengurusan izin usaha produksi pada usaha kecil di sekitar mereka.

B. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian Izin Usaha Produksi

    • Legalitas resmi dari pemerintah agar usaha sah, aman, dan sesuai hukum.

  2. Jenis-Jenis Izin Usaha Produksi

    • Nomor Induk Berusaha (NIB).

    • Izin Usaha Industri (IUI).

    • Izin Produksi Pangan (PIRT/BPOM).

    • Sertifikat Halal.

    • Izin Lingkungan (UKL-UPL/AMDAL).

    • Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

  3. Cara Pembuatan Izin Produksi

    • Melalui sistem OSS untuk NIB dan IUI.

    • PIRT/BPOM untuk izin pangan.

    • BPJPH untuk sertifikat halal.

    • DLH untuk izin lingkungan.

    • DJKI untuk HAKI.

  4. Contoh Studi Kasus

    • Usaha minuman kemasan lokal → perlu NIB, PIRT, dan sertifikat halal.

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah Interaktif (guru menyampaikan materi, siswa bertanya).

  • Diskusi Kelompok (siswa mencari contoh usaha kecil dan izin yang dibutuhkan).

  • Presentasi (kelompok memaparkan hasil diskusi).

  • Tugas Mandiri (siswa membuat rangkuman langkah membuat izin usaha).

D. Media & Sumber Belajar

  1. Media : LCD/Proyektor, papan tulis, modul ajar, internet (OSS, BPOM, BPJPH, DJKI).

  2. Sumber :

    • Peraturan Pemerintah tentang OSS.

    • Materi PKK SMK Kelas XII.

    • Website resmi OSS, BPOM, BPJPH, DJKI, dan DLH.

E. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 menit):

  • Guru memberi apersepsi dengan menanyakan: “Apakah usaha makanan/minuman di sekitar kalian punya izin resmi?”

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (65 menit):

  1. Eksplorasi: Guru menjelaskan pengertian dan pentingnya izin usaha produksi.

  2. Elaborasi: Guru memaparkan jenis-jenis izin usaha produksi dan prosedurnya.

  3. Diskusi Kelompok:

    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

    • Tiap kelompok mencari contoh usaha di sekitar mereka.

    • Menentukan izin apa saja yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

  4. Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

Kegiatan Penutup (15 menit):

  • Guru bersama siswa menyimpulkan materi.

  • Memberikan tugas mandiri: membuat alur langkah pembuatan izin usaha produksi untuk usaha pilihan masing-masing.

No comments:

Post a Comment