Pages

Thursday, September 18, 2025

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) DDTE

 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk materi Arus dan Tegangan.

Identitas RPP

  • Satuan Pendidikan : SMK/SMA

  • Mata Pelajaran : Dasar Listrik & Elektronika

  • Kelas/Semester : X / Ganjil

  • Materi Pokok : Arus dan Tegangan

  • Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan santun.

  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural.

  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret maupun abstrak.

B. Kompetensi Dasar (KD)

  • 3.2 : Menjelaskan konsep arus dan tegangan dalam rangkaian listrik sederhana.

  • 4.2 : Melakukan pengukuran arus dan tegangan pada rangkaian listrik sederhana.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Menjelaskan pengertian arus listrik dengan benar.

  2. Menjelaskan pengertian tegangan listrik dengan benar.

  3. Menyebutkan satuan dan alat ukur arus serta tegangan.

  4. Menghitung arus, tegangan, dan muatan listrik melalui soal.

  5. Melakukan percobaan mengukur arus dan tegangan menggunakan multimeter.

D. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu:

  1. Menjelaskan arus dan tegangan dengan kata-kata sendiri.

  2. Menyebutkan satuan dan alat ukur arus/tegangan.

  3. Menggunakan hukum Ohm untuk menyelesaikan soal.

  4. Mengukur arus dan tegangan pada rangkaian sederhana dengan benar.

E. Materi Pembelajaran

  • Arus listrik: definisi, rumus I=Q/tI = Q/t, satuan Ampere, alat ukur Amperemeter.

  • Tegangan listrik: definisi, rumus V=W/QV = W/Q, satuan Volt, alat ukur Voltmeter.

  • Hukum Ohm: hubungan V=I×RV = I \times R.

  • Alat ukur listrik: Amperemeter, Voltmeter, Multimeter.

F. Metode Pembelajaran

  • Pendekatan : Saintifik (5M).

  • Metode : ceramah interaktif, diskusi, praktikum, tanya jawab.

G. Media, Alat, dan Sumber Belajar

  • Media: slide presentasi, papan tulis.

  • Alat & bahan: multimeter, baterai, resistor, kabel.

  • Sumber belajar: buku Dasar Listrik & Elektronika, modul ajar, internet.

H. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  • Guru membuka dengan salam dan doa.

  • Apersepsi: menanyakan fenomena listrik sehari-hari (misal: kenapa lampu bisa menyala?).

  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

  • Mengamati: siswa melihat percobaan sederhana lampu dengan baterai.

  • Menanya: siswa bertanya tentang mengapa lampu terang/redup.

  • Mengumpulkan informasi: guru menjelaskan arus & tegangan.

  • Menalar: siswa mengerjakan soal perhitungan arus dan tegangan.

  • Mengomunikasikan: siswa mempresentasikan hasil praktikum dan perhitungan.

3. Kegiatan Penutup (20 menit)

  • Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian arus dan tegangan.

  • Guru memberikan refleksi dan motivasi.

  • Guru memberi latihan soal dan tugas rumah.

I. Penilaian

1. Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis)

Contoh Soal:

  1. Sebuah penghantar dialiri arus 3 A selama 10 s. Berapa muatan listriknya?

  2. Sebuah lampu 12 Ω dihubungkan ke sumber 24 V. Hitung arusnya!

  3. Energi sebesar 40 J digunakan untuk memindahkan muatan 8 C. Tentukan tegangannya!

2. Penilaian Keterampilan (Praktikum)

  • Praktik mengukur arus dan tegangan dengan multimeter.

  • Laporan hasil pengukuran.

Rubrik Penilaian Praktikum:


3. Penilaian Sikap

  • Kejujuran dalam mengerjakan tugas.

  • Kerjasama dalam kelompok.

  • Disiplin waktu dan kerapian.



No comments:

Post a Comment